Rabu, 19 Februari 2014

perancangan aplikasi E-commerce

BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH Perdagangan sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana untuk memasarkan dagangannya senantiasa berubah seiring dengan berkembangnya teknologi. Kemajuan teknologi yang semakin cepat saat ini menyebabkan banyak perubahan di segala aspek kehidupan di era globalisasi yang menuntut segala sesuatunya serba digital, perusahaan telah dituntut untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produk dan jasa yang dimilikinya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang telah ada seperti media internet yang menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis di dalam pemasarannya. Bentuk perdagangan baru yang kian memudahkan pelanggannya kini ialah melalui E-Commerce.
Perdagangan elektronik atau yang lebih dikenal dengan E-Commerce, adalah penyebaran, pendistribusian, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui media pemasaran sistem elektronik seperti internet. Dengan adanya media pemasaran ini diharapkan perusahaan dapat memperkenalkan produk atau jasanya kepada masyarakat luas yang tidak hanya terbatas pada satu daerah saja, melainkan mencakup daerah lain yang lebih luas. Oleh karena itu, Quen Boutique ingin memasarkan produknya dengan menggunakan aplikasi e-commerce agar dapat tersebar secara luas dan cepat. Quen Boutique merupakan usaha pengrajin batik khas jambi yang memproduksi hasil batik seperti kain dan baju yang berada di Provinsi Jambi. Persaingan dalam bisnis penjualan batik saat ini semakin meningkat dengan semakin banyaknya toko batik yang berdiri, sehingga pemasaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi harus lebih ditingkatkan. Namun ditengah perkembangan teknologi saat ini Quen Boutique memiliki kendala dalam memasarkan produknya karena saat ini masih menggunakan cara konvensional yaitu pelanggan datang langsung ke boutique untuk melakukan pembelian produk, sehinga kurang efisien bagi para pelanggan yang jarak rumahnya jauh dari Quen Botiuque dan tidak memiliki banyak waktu luang. Selain itu sistem penjualan yang dilakukan oleh boutique tersebut kurang efektif karena pembuatan laporan yang lama, jangkauan pemasaran masih terbatas dan konsumen hanya dilingkungan itu saja. Sesuai dengan permasalahan diatas, maka penulis tertarik melakukan penelitian yang tepat dituangkan dalam penulisan ilmiah yang berjudul “PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE PADA QUEN BOUTIQUE” 1.2 PERUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat disimpulkan permasalahan penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana merancang aplikasi e-commerce yang dapat meningkatkan penjualan pada Quen Boutique? 2. Bagaimana merancang aplikasi e-commerce yang dapat memberikan informasi produk yang dijual kepada pelanggan? 3. Bagaimana merancang aplikasi e-commerce yang dapat memberikan kemudahan transaksi kepada pelanggan? 1.3 BATASAN MASALAH Agar dalam penelitian dapat berjalan dengan baik dan terarah maka harus ada batasan terhadap ruang lingkup penelitian. Adapun pembatasan masalah pada penelitian ini adalah : 1. Perancangan aplikasi E-commerce hanya sebatas media pemesanan, penjualan dan pembayaran melalui transfer bank. 2. Dalam merancang aplikasi E-commerce menggunakan bahasa pemrogaraman PHP dan menggunakan database MySQL, dengan editor Macromedia Dreamweaver CS5 3. E-commerce yang dibangun merupakan jenis Business-to-Consumers. 1.4 TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN 1.4.1 Tujuan Penelitian Adapun tujuan yang bisa diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Mempermudah pelanggan dalam memperoleh informasi mengenai profil dan produk dari Quen Boutique. 2. Mempermudah proses pemesanan dan pembelian bagi pelanggan. 3. Merancang sebuah apikasi e-commerce yang dapat berguna bagi peningkatan penjualan pada Quen Boutique. 1.4.2 Manfaat Penelitian Adapun manfaat dari penelitian ini, antara lain : 1. Agar dapat memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan produk pada Quen Boutique. 2. Dengan aplikasi E-commerce ini diharapkan dapat memudahkan pelangan dalam melakukan transaksi tanpa harus datang ke Boutique. 3. Untuk menambah ilmu pengetahuan bagi penulis khususnya di bidang IT dalam merancang dan menghasilkan sebuah sistem perangkat lunak. 1.5 SISTEMATIKA PENULISAN Adapun sistematika penulisan yang digunakan dalam pembuatan penelitian ini adalah sebagai berikut : BAB I : PENDAHULUAN Pada bab ini membahas tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, dan sistematika penulisan. BAB II : LANDASAN TEORI Pada bab ini penulis membuat landasan teori yang digunakan dalam perancangan E-commerce ini mulai dari pengertian perancangan, definisi sistem, pengenalan perangakat lunak seperti Dreamweaver, PHP, dan MySQL serta alat bantu yang di gunakan untuk pengembangan sistem. BAB III : METODOLOGI PENELITIAN Pada bab ini mengurai tentang metode pengumpulan data yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data dan metode pengembangan sistem yang digunakan penuliis untuk membuat sistem yang ingin di buat. BAB IV : ANALISA SISTEM DAN PERANCANGAN SISTEM Bab ini membahas mengenai analisa sistem serta bagaimana penulis merancang sebuah sistem yang baru dan lebih baik dari sebelumnya BAB V : IMPLEMENTASI PROGRAM Pada bab ini berisi tentang uji coba (testing) terhadap sistem yang dirancang, kelebihan dan kekurangan dari sistem yang dirancang, cara kerja sistem serta analisis yang dicapai oleh sistem. BAB VI : PENUTUP Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran dari pembahasan bab sebelumnya, yang berguna bagi perancangan E-commerce pada Quen Boutique dan dapat bermanfaat pada penelitian yang akan datang.

Tidak ada komentar: