BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Perdagangan sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak
awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana
untuk memasarkan dagangannya senantiasa berubah seiring dengan
berkembangnya teknologi. Kemajuan teknologi yang semakin cepat saat ini
menyebabkan banyak perubahan di segala aspek kehidupan di era
globalisasi yang menuntut segala sesuatunya serba digital, perusahaan
telah dituntut untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan
produk dan jasa yang dimilikinya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi
yang telah ada seperti media internet yang menjadi salah satu media
andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis di dalam pemasarannya.
Bentuk perdagangan baru yang kian memudahkan pelanggannya kini ialah
melalui E-Commerce.
Perdagangan elektronik atau yang lebih dikenal dengan E-Commerce, adalah
penyebaran, pendistribusian, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan
jasa melalui media pemasaran sistem elektronik seperti internet. Dengan
adanya media pemasaran ini diharapkan perusahaan dapat memperkenalkan
produk atau jasanya kepada masyarakat luas yang tidak hanya terbatas
pada satu daerah saja, melainkan mencakup daerah lain yang lebih luas.
Oleh karena itu, Quen Boutique ingin memasarkan produknya dengan
menggunakan aplikasi e-commerce agar dapat tersebar secara luas dan
cepat.
Quen Boutique merupakan usaha pengrajin batik khas jambi yang
memproduksi hasil batik seperti kain dan baju yang berada di Provinsi
Jambi. Persaingan dalam bisnis penjualan batik saat ini semakin
meningkat dengan semakin banyaknya toko batik yang berdiri, sehingga
pemasaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi harus lebih
ditingkatkan. Namun ditengah perkembangan teknologi saat ini Quen
Boutique memiliki kendala dalam memasarkan produknya karena saat ini
masih menggunakan cara konvensional yaitu pelanggan
datang langsung ke boutique untuk melakukan pembelian produk, sehinga
kurang efisien bagi para pelanggan yang jarak rumahnya jauh dari Quen
Botiuque dan tidak memiliki banyak waktu luang. Selain itu sistem
penjualan yang dilakukan oleh boutique tersebut kurang efektif karena
pembuatan laporan yang lama, jangkauan pemasaran masih terbatas dan
konsumen hanya dilingkungan itu saja.
Sesuai dengan permasalahan diatas, maka penulis tertarik melakukan
penelitian yang tepat dituangkan dalam penulisan ilmiah yang berjudul
“PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE PADA QUEN BOUTIQUE”
1.2 PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat disimpulkan permasalahan
penelitian ini yaitu :
1. Bagaimana merancang aplikasi e-commerce yang dapat meningkatkan
penjualan pada Quen Boutique?
2. Bagaimana merancang aplikasi e-commerce yang dapat memberikan
informasi produk yang dijual kepada pelanggan?
3. Bagaimana merancang aplikasi e-commerce yang dapat memberikan
kemudahan transaksi kepada pelanggan?
1.3 BATASAN MASALAH
Agar dalam penelitian dapat berjalan dengan baik dan terarah maka harus
ada batasan terhadap ruang lingkup penelitian. Adapun pembatasan masalah
pada penelitian ini adalah :
1. Perancangan aplikasi E-commerce hanya sebatas media pemesanan,
penjualan dan pembayaran melalui transfer bank.
2. Dalam merancang aplikasi E-commerce menggunakan bahasa pemrogaraman
PHP dan menggunakan database MySQL, dengan editor Macromedia Dreamweaver
CS5
3. E-commerce yang dibangun merupakan jenis Business-to-Consumers.
1.4 TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
1.4.1 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang bisa diambil dari penelitian ini adalah sebagai
berikut :
1. Mempermudah pelanggan dalam memperoleh informasi mengenai profil dan
produk dari Quen Boutique.
2. Mempermudah proses pemesanan dan pembelian bagi pelanggan.
3. Merancang sebuah apikasi e-commerce yang dapat berguna bagi
peningkatan penjualan pada Quen Boutique.
1.4.2 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini, antara lain :
1. Agar dapat memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan produk
pada Quen Boutique.
2. Dengan aplikasi E-commerce ini diharapkan dapat memudahkan pelangan
dalam melakukan transaksi tanpa harus datang ke Boutique.
3. Untuk menambah ilmu pengetahuan bagi penulis khususnya di bidang IT
dalam merancang dan menghasilkan sebuah sistem perangkat lunak.
1.5 SISTEMATIKA PENULISAN
Adapun sistematika penulisan yang digunakan dalam pembuatan penelitian
ini adalah sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini membahas tentang latar belakang masalah, perumusan
masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, dan sistematika
penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis membuat landasan teori yang digunakan dalam
perancangan E-commerce ini mulai dari pengertian perancangan, definisi
sistem, pengenalan perangakat lunak seperti Dreamweaver, PHP, dan MySQL
serta alat bantu yang di gunakan untuk pengembangan sistem.
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
Pada bab ini mengurai tentang metode pengumpulan data yang digunakan
penulis untuk mengumpulkan data dan metode pengembangan sistem yang
digunakan penuliis untuk membuat sistem yang ingin di buat.
BAB IV : ANALISA SISTEM DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini membahas mengenai analisa sistem serta bagaimana penulis
merancang sebuah sistem yang baru dan lebih baik dari sebelumnya
BAB V : IMPLEMENTASI PROGRAM
Pada bab ini berisi tentang uji coba (testing) terhadap sistem yang
dirancang, kelebihan dan kekurangan dari sistem yang dirancang, cara
kerja sistem serta analisis yang dicapai oleh sistem.
BAB VI : PENUTUP
Pada bab ini berisi kesimpulan dan saran dari pembahasan bab sebelumnya,
yang berguna bagi perancangan E-commerce pada Quen Boutique dan dapat
bermanfaat pada penelitian yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar