Selasa, 18 Juni 2013

CORBA : Sistem Terdistribusi

Mari kita bayangkan masa depan, saat hampir semua aktivitas manusia memanfaatkan komputer sebagai sarana utamanya. Berbagai basis data berskala besar telah disimpan dalam format elektronis. Demikian pula berbagai aplikasi yang mendasarkan pada basis data telah dikomputerisasi dalam sebuah lingkungan jaringan komputer yang meliputi berbagai instansi dan perusahaan. Pada saat itu dimensi ruang benar-benar telah berkontraksi sedemikian rupa sehingga dunia maya seakan-akan telah menjadi dunia nyata dan berbagai aspek kehidupan manusia terhubung melalui suatu jaring-jaring yang amat kompleks.
Ilustrasi berikut ini bisa menggambarkannya. Misalnya si A sakit dan pergi ke dokter langganannya. Jika hasil diagnosa mengharuskan si A harus masuk ke rumah sakit, maka pemilihan RS dan pemesanan tempat dapat dilakukan pada saat itu juga melalui komputer di tempat praktek dokter. Selanjutnya komputer di RS dapat mengontak komputer perusahaan asuransi kesehatan untuk pengurusan pembayaran biayanya. Jika si A memerlukan obat atau peralatan khusus, maka komputer si dokter dapat memberitahu di apotik mana obat atau peralatan tersebut tersedia. Cerita ini dapat diperpanjang, tapi intinya adalah bahwa satu aksi dapat memicu berbagai aktivitas lain yang saling berhubungan.
Ilustrasi di atas nampaknya tidak lagi jauh dari kenyataan yang ada saat ini. Sesungguhnya dapat dikatakan bahwa teknologi untuk menuju ke sana saat ini sudah dimiliki manusia. Selain teknologi mikroelektronik dan telekomunikasi, maka teknologi lain yang berperanan penting adalah teknologi sistem komputer terdistribusi (distributed computer systems).
Sistem komputer terdistribusi adalah sebuah sistem yang memungkinkan aplikasi komputer beroperasi secara terintegrasi pada lebih dari satu lingkungan yang terpisah secara fisis. Sistem informasi kesehatan yang diilustrasikan di atas menunjukkan komponen-komponen aplikasi yang terdistribusi (di tempat praktek dokter, di rumah sakit, di apotik, dan di perusahaan asuransi kesehatan). Ciri khas sistem komputer terdistribusi adalah heterogenitas dalam berbagai hal: perangkat keras, sistem operasi, dan bahasa pemrograman. Adalah tidak mungkin untuk mengembangkan sistem terdistribusi yang homogen secara paksaan, karena secara alamiah sistem komputer terdistribusi tumbuh dari lingkungan yang heterogen. Kata kunci dalam menjembatani perbedaan-perbedaan yang muncul adalah interoperabilitas (interoperability).
CORBA
Interoperabilitas adalah kemampuan saling bekerjasama antar sistem komputer. Sebenarnya interoperabilitas bukanlah barang baru, karena protokol komunikasi datapun (TCP/IP misalnya) pada dasarnya diciptakan untuk mewujudkan interoperabilitas. Yang belum banyak dikenal adalah interoperabilitas pada level perangkat lunak aplikasi.
Dalam konteks sistem komputer terdistribusi, meskipun komponen-komponen aplikasi dibuat dengan bahasa pemrograman yang berbeda, menggunakan development tools yang berbeda, dan beroperasi di lingkungan yang beragam, mereka tetap harus dapat saling bekerjasama.
Interoperabilitas perangkat lunak menuntut homogenitas pada suatu level tertentu. Untuk itu diperlukan semacam 'standarisasi'. Berawal dari keperluan ini lahirlah CORBA (Common Object Request Broker Architecture). CORBA adalah hasil 'kesepakatan' antara sejumlah vendor dan pengembang perangkat lunak terkenal seperti IBM, Hewlett-Packard, dan DEC, yang tergabung dalam sebuah konsorsium bernama OMG (Object Management Group).

Senin, 17 Juni 2013

Cara Mendapatkan Uang, Pengobatan, Boster, Moral, Istirahat Secara Gratis di TOP ELEVEN

Cara Mendapatkan Uang, Pengobatan, Boster, Moral, Istirahat Secara Gratis di TOP ELEVEN.
Hai Sahabat Game Online.....
Neh ane mau berbagi trik Mendapatkan Uang, Pengobatan, Boster, Moral, Istirahat Secara Gratis di TOP ELEVEN yang mungkin udah banyak yang tau dan mungkin juga ada yang belum tau.
Trik ini Gratis Lho... Oke Langsung aja ya kita ke TKP.......
Langkah-Langkahnya.....
1.     Pertama Agan Login ( Buka ) dulu TOP ELEVENnya.
2.     Tunggu sampai prosesnya selesai.
3.    Udah itu ndak usah langsung mean dulu. alias cek kebawah ada gambar kayak gini ndak...

Konfigurasi 5 buah router menggunakan "router rip"

desain jaringan
terminal router 1
terminal router 2


terminal router 3
terminal router 4
terminal router 5
Konfigurasi router Lab 1
Router>EN
Router#conf t
Router(config)#int fa 0/0
Router(config-if)#ip add 192.5.5.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int fa 0/0
Router(config-if)#exit
Router(config)#int fa 1/0
Router(config-if)#ip add 205.7.5.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int s 2/0
Router(config-if)#ip add 201.100.11.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#clock rate 64000
Router(config-if)#exit
Router(config)#router rip
Router(config-router)#ver 2
Router(config-router)#net 192.5.5.0
Router(config-router)#net 205.7.5.0
Router(config-router)#net 201.100.11.0
Router(config-router)#end
Router#wr mem


Konfigurasi router Lab 2
Router>en
Router#conf t
Router(config)#int fa 0/0
Router(config-if)#ip add 219.17.100.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#end  
Router#conf t
Router(config)#int s3/0
Router(config-if)#ip add 201.100.11.2 255.255.255.0
Router(config-if)#clock rate 64000
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int s2/0
Router(config-if)#ip add 199.6.13.1 255.255.255.0
Router(config-if)#clock rate 64000
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#end
Router#en
Router#conf t
Router(config)#router rip
Router(config-router)#ver 2
Router(config-router)#net 201.100.11.0
Router(config-router)#net 219.17.100.0
Router(config-router)#net 199.6.13.0
Router(config-router)#end
Router#wr mem


Konfigurasi router Lab 3
Router>en
Router#conf t
Router(config)#int fa 0/0
Router(config-if)#ip add 223.8.151.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int s 3/0
Router(config-if)#ip add 199.6.13.2 255.255.255.0
Router(config-if)#clock rate 64000
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int s 2/0
Router(config-if)#ip add 204.204.7.1 255.255.255.0
Router(config-if)#clock rate 64000
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#router rip
Router(config-router)#ver 2
Router(config-router)#net 223.8.151.0
Router(config-router)#net 199.6.13.0
Router(config-router)#net 204.204.7.1
Router(config-router)#end
Router#wr mem


Konfigurasi router Lab 4
Router>en
Router#conf t
Router(config)#int f 0/0
Router(config-if)#ip add 210.93.105.1 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#int s 3/0
Router(config-if)#ip add 204.204.7.2 255.255.255.0
Router(config-if)#clock rate 64000
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#router rip
Router(config-router)#ver 2
Router(config-router)#net 210.93.105.0
Router(config-router)#net 204.204.7.0
Router(config-router)#end
Router#wr mem


Konfigurasi router Lab 5
Router>en
Router#conf t
Router(config)#int fa 0/0
Router(config-if)#ip add 210.93.105.2 255.255.255.0
Router(config-if)#no shut
Router(config-if)#exit
Router(config)#router rip
Router(config-router)#ver 2
Router(config-router)#net 210.93.105.0
Router(config-router)#end
Router#wr mem




Kamis, 13 Juni 2013

Cara Mendapatkan Paket Istirahat di Top Eleven

Banyak cara untuk mendapatkan paket istirahat di Top Eleven, dan fungsi dari paket istirahat Top Eleven ini sendiri adalah untuk meningkatkan stamina atau kondisi fisik dari pemain2 Top Eleven kamu yang sedang kelelahan karena latihan maupun habis bertanding. Terkadang, faktor kelelahan pemain ini bisa menyebabkan tim Top Eleven kamu kalah dalam pertandingan atau pemain Top Eleven kamu bisa cidera. Jadi jangan terlalu memaksa pemain2 Top Eleven kamu untuk latihan secara keras, jangan karena demi hanya untuk mendapatkan poin skill, tim Top Eleven kamu malah kehilangan poin dalam klasemen liga, bahkan malah bisa jadi tersingkir dari turnament cup maupun champion. Setiap ingin melakukan latihan, diperlukan hitungan antara kondisi pemain saat itu juga dengan waktu perolehan kondisi 5% dan kapan jam tim Top Eleven kamu akan bertanding selanjutnya, upayakan semua pemain tetap fit atau kondisi minimal diatas 90% saat akan bertanding.
Untuk cara mendapatkan paket istirahat di Top Eleven, kamu bisa ikuti langkah2 dibawah ini :
- langkah awal, buka game facebook Top Eleven kamu. :)
- paket istirahat Top Eleven bisa didapatkan dari hadiah paket istirahat yang dikirim dari teman2 Top Eleven kamu. Dan sebelumnya kamu juga bisa mengirim terlebih dahulu paket istirahat ini ke teman2 Top Eleven kamu. Bila teman Top Eleven kamu mengirim balik hadiah ini, maka 1 paket istirahat akan langsung kamu dapatkan.
- untuk cara mengirim hadiah paket istirahat ke teman2 Top Eleven kamu bisa ikuti langkah2 berikut. Pertama, kamu klik menu toko klub yang ada di game Top Eleven, lalu klik paket hadiah yang ada di menu hadiah, ubah semua teman menjadi teman Top Eleven, centang teman Top Eleven yang akan kamu kirimin hadiah paket istirahat ini, dan kemudian kirim.

- untuk mendapatkan paket istirahat Top Eleven bisa juga dengan membangun lapangan besar yang ada di menu stadion Top Eleven kamu. Berapa banyak paket istirahat yang akan kamu dapatkan dari bangunan lapangan besar ini tergantung dari seberapa tinggi level atau tingkat lapangan besar yang sudah kamu bangun. Dan untuk membangun lapangan besar Top Eleven bisa kamu ikuti langkah2 berikut, kamu klik menu stadion, lalu klik lapangan besar, kemudian bangun atau tingkatkan lapangan besar ini ke level selanjutnya.



 - paket istirahat juga bisa didapatkan dengan membelinya. Untuk membelinya, kamu klik menu toko klub yang ada di game Top Eleven, kemudian klik paket kesehatan, dibutuhkan token untuk membeli paket istirahat ini. Seberapa banyak token yang dikeluarkan tergantung juga dari seberapa banyak paket istirahat yang ingin kamu beli.

- paket istirahat juga bisa didapatkan dengan cara mengganti pemain saat tim Top Eleven kamu sedang berlangsung. Tentu saja kamu diwajibkan menonton pertandingan live tim Top Eleven kamu yang sedang berlangsung. Saat kamu mengganti pemain, maka kamu akan mendapatkan paket istirahat.
- dan cara terakhir untuk mendapatkan paket istirahat di Top Eleven adalah dengan menonton video yang sudah disediakan oleh game Top Eleven ini sendiri. Video ini biasanya berupa iklan2 yang ada di Top Eleven, durasi video ini pun cuma sebentar kok, dan tidak ditentukan seberapa banyak paket istirahat yang akan kamu dapatkan dari menonton video ini.
Key gan, inilah informasi yang bisa XSA Game berikan ke kamu tentang cara mendapatkan paket istirahat di Top Eleven. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu sehingga stamina atau kondisi fisik tim Top Eleven kamu selalu fit sehingga tim Top Eleven kamu selalu menang dalam setiap pertandingan yang ada di game facebook Top Eleven.

Cara Meningkatkan Semangat Pemain di Top Eleven


Meningkatkan semangat pemain di Top Eleven tu sangat penting, jangan pernah sekali2 kamu remehkan. Jika ada satu atau beberapa pemain Top Eleven kamu yang semangatnya turun, maka itu akan mempengaruhi dari permainan tim Top Eleven kamu, dan hasil akhir buruk kemungkinan besar bakal kamu raih.
Berikut cara meningkatkan semangat pemain di Top Eleven :
- mula2 kamu mesti masuk ke profil dari pasukan Top Eleven punya kamu, kemudian kamu bisa liat semua semangat pemain dengan mengubah chek list kondisi menjadi semangat, setelah di ubah kamu pasti akan tahu siapa saja pemain Top Eleven kamu yang semangatnya sedang turun.


- langkah selanjutnya, kamu klik pemain yang semangatnya sedang turun, di profil pemain tersebut kamu klik kesehatan, langkah terakhir kamu klik sewa semangat. Dibutuhkan 2 paket penambah moral untuk mengubah semangat pemain yang sangat buruk menjadi hebat, 1 paket penambah moral untuk mengubah semangat pemain yang sangat buruk menjadi baik, 1 paket penambah moral untuk mengubah semangat pemain yang baik menjadi sangat baik, 1 paket penambah moral untuk mengubah semangat pemain yang sangat baik menjadi hebat.

Hanya saja, terkadang kita kesulitan untuk meningkatkan semangat pemain karena paket penambah moral kamu sudah abis stoknya. Tapi kamu tenang aj, ada beberapa cara mendapatkan paket penambah moral di Top Eleven.
Dan cara tersebut sebagai berikut :
- kamu bisa mengirim hadiah penambah moral ke semua teman2 Top Eleven kamu. Caranya, kamu masuk ke profil toko klub, klik profil hadiah, lalu kirim paket penambah moral ke semua teman2 Top Eleven kamu. Ingat, kamu jangan kirim ke semua teman, kamu cukup mengirim ke teman Top Eleven aja, bila teman kamu ini mengirim balik hadiah paket penambah moral, maka kamu akan mendapatkan paket penambah moral secara cuma2.
- kamu bisa mendapatkan paket penambah moral dengan hanya menonton pertandingan tim Top Eleven kamu secara live. Ingat2 jadwal kapan tim kamu akan main, dengan menonton pertandingan tim Top Eleven kamu secara live juga otomatis akan menambah semangat tim.
- kamu juga bisa mendapatkan paket penambah moral dengan menonton video iklan yang sudah ada di Top Eleven.
Yooo, ini lach informasi dari saya tentang cara meningkatkan semangat pemain di Top Eleven, semoga informasi ini bisa membuat semua semangat pemain Top Eleven kamu menjadi hebat, dan kamu pun menjadi semangat dalam bermain Top Eleven. :)

PERBEDAAN RIP, IGRP dan EIGRP


RIP
Routing Information protocol versi 1 mempunyai karakteristik:
  1. Distance Vector Routing Protocol
  2. Menggunakan metric yaitu hop count
  3. Maximum hop count adalah 15. 16 dianggap sebagai unreachable
  4. Mengirimkan update secara periodic setiap 30 sec
  5. Mengirimkan update secara broadcast ke 255.255.255.255
  6. Mendukung 4 path Load Balancing secara default maximumnya adalah 6
  7. Menjalankan auto summary secara default
  8. Paket update RIP yang dikirimkan bejenis UDP dengan nomor port 520
  9. Bisa mengirimkan paket update RIP v.1 dan bisa menerima paket update RIP v.1 dan v.2
  10. Berjenis classful routing protocol sehingga tidak menyertakan subject mask dalam paket update.Akibatnya RIP v.1 tidak mendukung VLSM dan CIDR.
  11. Mempunyai AD 120
Pada Saat inisialisasi, router2 yang menjalankan RIP akan membroadcast paket request yang isinya adaklah memiinta router lain untuk mengirimkan network2 yang dimilikinya. Router lain yang menerima paket request akan mengirimkan paket response, baru setelah itu router2 tersebut akan mengirimkan network2 yang dimilikinya untuk mengaktifkan RIP
RIPv2
Persamaan dengan RIP v.1 :
1. Distance Vector Routing Protocol
2. Metric berupa hop count
3. Max hop count adalah 15
4. Menggunakan port 520
5. Menjalankan auto summary secara default
Perbedaan dengan RIP v.1 :
  1. Bersifat classless routing protocol, artinya menyertakan field SM dalam paket update yang dikirimkan sehingga RIP v.2 mendukung VLSM & CIDR
  2. Mengirimkan paket update & menerima paket update  versi 2
  3. Mengirimkan update ke alamat multicast yaitu 224.0.0.9
  4. Auto Summary dapat dimatikan
  5. Mendukung fungsi keamanan berupa authentication yang dapat mencegah routing update dikirim atau diterima dari sumber yang tidak dipercaya
PERBEDAAN IGRP DAN EIGRP

IGRP

Senin, 10 Juni 2013

STATIC ROUTE, RIP DAN IGRP

1. Pendahuluan

Routing merupakan proses dimana sesuatu dibawa dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Contoh riil sesuatu yang membutuhkan perutean adalah surat, panggilan telepon, perjalanan kereta api, dan lain sebagainya. Pada suatu jaringan router adalah perangkat yang digunakan untuk merutekan trafik jaringan.

Untuk dapat melakukan perutean, suatu router, atau entitas apapun yang membangun routing, melakukan beberapa langkah berikut ini:
  • Mengetahui Alamat tujuan – Ke tujuan (alamat) mana sesuatu yang dirutekan dikirim?

  • Mengenali sumber-sumber informasi perutean – Dari sumber-sumber (router-router lain) mana saja suatu router dapat mempelajari jalur-jalur menuju tujuan?

  • Menemukan rute-rute – Jalur-jalur atau rute-rute mana saja yang mungkin dapat dilalui untuk mencapai alamat tujuan?

  • Memilih jalur atau rute – Memilih jalur atau rute terbaik untuk menuju alamat tujuan yang dimaksud.

  • Memelihara dan memverifikasi informasi routing – Apakah jalur-jalur ke tujuan yang telah diketahui masih berlaku dan benar?

Pada suatu sistem jaringan komputer, router mempelajari informasi routing dari sumber-sumber routing-nya yang terletak di dalam tabel routing (routing table). Router akan berpedoman pada tabel ini untuk menyatakan port mana yang digunakan mem-forward paket-paket yang ditujukan kepadanya.

  • Jika jaringan tujuan terhubung langsung dengan router, maka router sudah mengetahui port mana yang digunakan untuk mem-forward paket.

  • Jika jaringan tujuan tidak terhubung langsung dengan router, maka router harus mempelajari rute terbaik untuk mem-forward paket ke tujuan.

Informasi rute ini dapat dipelajari oleh router dalam dua metode, yaitu:
  • Dimasukkan secara manual oleh administrator jaringan, disebut Static Routes.

  • Dikumpulkan melalui proses-proses dinamis yang berjalan di jaringan, disebut sebagai Dynamic Routes.

2. Static Routing

Static route adalah rute-rute ke host atau jaringan tujuan yang dimasukkan secara manual oleh administrator jaringan ke route table suatu router. Static route mendefinisikan alamat IP hop router berikutnya dan interface lokal yang digunakan untuk mem-forward paket ke tujuan tertentu (hop router berikutnya).

Static route memiliki keunggulan untuk menghemat bandwidth jaringan karena static route tidak membangkitkan trafik route update untuk memberikan informasi perubahan rute yang berlaku (sah) saat ini ke router-router lain. Tetapi penggunaan static route cenderung membutuhkan waktu ekstra ketika memanajemen jaringan. Hal ini disebabkan karena sistem administrator harus secara manual meng-update route table ketika terjadi perubahan konfigurasi jaringan.

3. Distance Vector

Protokol distance vector bekerja dengan memberikan router-router kemampuan untuk mempublikasikan semua rute-rute yang diketahui (router bersangkutan) keluar ke seluruh interface yang dimilikinya.

Router yang secara fisik berada pada jaringan yang sama dinamakan neighbor. Jika router-router mempublikasikan rute-rute yang diketahuinya melalui seluruh interface-nya, dan seluruh neighbor menerima routing update, maka setiap router akan juga mengetahui rute-rute yang dapat dilalui ke seluruh subnet suatu jaringan.

Beberapa hal berikut ini akan lebih mempermudah memahami konsep dasar distance vector:
  • Router secara otomatis akan menambahkan subnet-subnet yang terhubung langsung ke dalam routing table tanpa menggunakan protokol routing.

  • Router mengirim routing update keluar ke seluruh interface-nya untuk memberitahu rute-rute yang telah diketahuinya.

  • Router “memperhatikan” routing update yang berasal dari neighbor-nya, sehigga router bersangkutan dapat mempelajari rute-rute baru.

  • Informasi routing berupa nomor subnet dan suatu metrik. Metrik mendefinisikan seberapa baik rute bersangkutan. Semakin kecil nilai metrik, semakin baik rute tersebut.

  • Jika memungkinkan, router menggunakan broadcast dan multicast untuk mengirim routing update. Dengan menggunakan paket broadcast atau multicast, seluruh neighbor dalam suatu LAN dapat menerima informasi routing yang sama untuk sekali update.

  • Jika suatu router mempelajari multirute untuk subnet yang sama, router akan memilih rute terbaik berdasarkan nilai metriknya.

  • Router mengirim update secara periodik dan menunggu menerima update secara periodik dari router-router neighbor.

  • Kegagalan menerima update dari neighbor pada jangka waktu tertentu akan menghasilkan pencabutan router yang semula dipelajari dari neighbor.

  • Router berasumsi bahwa rute yang diumumkan oleh suatu router X, router next-hop dari rutenya adalah router X tersebut.

3. Fitur Distance Vector Loop-Avidance

3.1. Route Poisoning

Routing loop dapat terjadi pada protokol distance vector routing ketika router-router memberitahukan bahwa suatu rute berubah dari kondisi valid ke tidak valid. Konvergensi yang lambat akan mengakibatkan router neighbor terlambat mendapat pemberitahuan kondisi tersebut, sehingga router neighbor tetap menganggap rute tersebut valid (dengan hop 1). Ketika router neighbor mengirimkan pemberitahuan keluar ke suluruh interfacenya, router pertama (yang memberitahukan kegagalan hubungan) akan mendapat informasi bahwa hubungan yang tidak tidak valid tersebut dapat dicapai dari router neighbor dengan hop 2. Kedua router akan terus saling memberi informasi rute yang salah tersebut disertai dengan menaikkan informasi hop-nya.

Dengan Route poisoning, router tidak akan memberitahukan status tidak valid pada suatu rute yang gagal. Tetapi akan tetap memberikan informasi keadaan rute yang gagal dengan status valid. Rute tersebut akan diberi metrik yang sangat besar, sehingga router lain akan menganggap rute tersebut sebagai rute yang tidak valid.

3.2. Split Horizon

Fitur route poisoning tidak seluruhnya dapat mengatasi kondisi looping. Pada kasus di atas, ketika suatu router memberitahukan suatu rute yang gagal dengan metrik yang sangat besar, router neighbor kemungkinan tidak langsung mendapat pemberitahuan ini. Jika router neighbor kemudian memberitahu rute yang tidak valid tersebut ke router pertama (yang memberitahukan kegagalan hubungan) bahwa rute tersebut dapat dicapai dari dirinya dengan metrik yang jauh lebih baik, maka kondisi di atas dapat terjadi lagi.

Split horison mengatasi masalah ini dengan memberikan aturan bahwa suatu router yang mendapat pemberitahuan update informasi melalui interface x, tidak akan mengirimkan pemberitahuan yang sama ke interface x pula.

3.3. Split Horizon with Poison Reverse

Split horizon with poison reserve merupakan varian dari split horizon. Pada kondisi stabil, router bekerja dengan fitur split horison. Tetapi ketika suatu rute gagal, router neighbor yang mendapat informasi ini akan mengabaikan aturan split horizon, dan kemudian mengirimkan kembali informasi tersebut ke router pertama dengan metrik yang sangat besar pula. Metode ini dapat memastikan bahwa seluruh router mendapat informasi yang benar mengenai kondisi rute tersebut.

3.4. Hold-Down Timer

Kondisi looping masih tetap terjadi pada jaringan redundant (jaringan dengan lebih dari satu jalur) walaupun fitur split horizon telah diaktifkan. Hal ini dimungkinkan karena suatu router dalam jaringan dapat memperoleh informasi mengenai rute yang sama melalui lebih dari satu jalur dan router. Oleh karenanya ketika suatu rute diinformasikan tidak valid oleh router bersangkutan, maka router neighbor pada saat yang sama juga mungkin mendapat informasi dari router lain dengan metrik yang masih dapat dijangkau. Informasi rute valid ini (poison) kemudian disampaikan ke router pertama, sehingga kondisi looping akan terjadi.

Hold-Down Timer mengatasi masalah ini dengan memberikan aturan bahwa ketika suatu router yang mendapat pemberitahuan suatu rute tidak valid, router tersebut akan mengabaikan informasi rute-rute alternatif ke subnet bersangkutan pada suatu waktu tertentu (hold-down timer).
3.5. Triggered (Flash) Updates

Protokol distance vektor biasanya mengirimkan update secara reguler berdasarkan interval waktu tertentu. Oleh karenanya banyak masalah looping terjadi sesaat setelah suatu rute tidak valid. Hal ini disebabkan karena beberapa router tidak segera mendapat informasi ini.

Beberapa router mengatasi masalah ini dengan menggunakan fitur triggered update atau flash update, dimana router akan segera mengirim pemberitahuan update baru sesaat setelah suatu rute tidak valid. Dengan demikian informasi perubahan status rute dapat segera di-forward-kan secara lebih cepat, sehingga pengaktifan hold-down timer di sisi router neighbor juga lebih cepat.

4. RIP dan IGRP

RIP (Routing Information Protocol) dan IGRP (Interior Gateway Routing Protocol) merupakan dua standar protokol routing berbasis distance vector routing protocol. RIP dan IGRP memiliki banyak kesamaan secara logik. Beberapa perbedaan penting dari kedua protokol routing ini diperlihatkan pada tabel berikut ini:
Tabel 1. Perbedaan antara RIP dan IGRP


IGRP Metric memberikan penghitungan yang lebih baik mengenai seberapa baik rute-rute yang ada dibandingkan RIP metric. IGRP metric dihitung menggunakan pengukuran bandwidth dan delay pada interface dimana informasi update diterima. Hal ini akan memberikan arti yang lebih baik dibandingkan metrik berdasarkan hop count.

RIP menggunakan penghitungan hop untuk besaran metriknya. Ketika informasi update diterima, metrik dari setiap subnet dalam informasi update merupakan jumlah router yang dilalui oleh informasi antara router penerima dengan setiap subnet. Hal ini dapat dilakukan karena sebelum mengirim informasi update, router akan menambah satu nilai metrinya untuk setiap subnet.

Cara Mendapatkan 21 Tokens gratis Top Eleven di Facebook

Mendapatkan 21 Tokens (nilai Rp29.110) gratis Top Eleven Be a Football Manager di Facebook



Nah, baru-baru ini game NORDEUS yaitu Top Eleven Be a Football Manager memberikan free 21 Token. Untuk mendapatkannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

1. Masuk ke game Top Eleven Be a Football Manager